Minggu, 01 Juli 2012

Jenis Phobia

Ada berbagai phobia yang menyebabkan timbulnya ketakutan yang absurd dan tak masuk akal. Berikut berbagai istilah phobia dan pengertiannya:

1.Bromirosiphobia adalah Takut dengan Bau badan.
Jarang sekali ada orang yang berpikir bahwa ia memiliki bau badan. Namun, orang-orang yang mengalami bromidrosiphobia selalu dihantui rasa takut berlebihan bahwa badannya mengeluarkan aroma yang sangat bau, sehingga bisa membuat orang lain pergi.

2.Somniphobia adalah Rasa takut dengan tidur

Orang-orang yang mengalami kondisi ini merasa takut untuk pergi tidur, karena mereka juga takut tidak akan bisa terbangun lagi atau akan bermimpi buruk. Kebanyakan penderita fobia ini akan minum minuman atau pil mengandung kafein, sehingga bisa tetap terjaga. Sayang sekali, padahal tidur sangat penting bagi kesehatan dan jiwa, ya

3.Ichthyophobia adalah Rasa Takut dengan ikan.

Rasa takut terhadap ikan, entah dalam kondisi hidup ataupun mati, baik yang ada di laut maupun di atas piring makan. Kemungkinan besar, tampilan ikan dengan matanya yang besar dan badannya yang berlendir itu merupakan pemicu timbulnya fobia aneh ini. Sementara untuk fobia terhadap ikan hiu, telah ada istilah spesifiknya, yaitu galeophobia. Fobia ikan hiu ini banyak dipicu oleh banyaknya tampilan seputar ikan hiu dan tragedi yang bisa disebabkan ikan ini, yang banyak terdapat di televisi maupun film.

4. Mageirocophobia adalahRasa ketakutan berlebihan terhadap aktivitas memasak

rasa ketakutan berlebihan terhadap aktivitas memasak. Terkadang, fobia ini diasosiasikan dengan tindakan memasak untuk orang lain atau kelompok yang besar. Namun, pada beberapa kasus ekstrem ditemukan, penderitanya bahkan tidak bisa memasak makanan yang sederhana seperti roti panggang atau telur goreng!

5. Lygophobia adalah Takut pada kegelapan/takut gelap.
Lygophobia termasuk ke dalam Agoraphobia, atau istilah untuk ketakutan akan hal-hal yang sifatnya asing atau menakutkan bagi yang bersangkutan, bisa jadi suatu situasi atau tempat.
Berikut cara – cara untuk membantu penyembuhannya:
1. Menghindari hal-hal yang membuat phobia.
Misalnya kalau takut ketinggian ya hindarilah ketinggian, misalnya hindari bekerja di gedung bertingkat, khususnya di lantai-lantai atasnya.
2. Cara yang kedua yaitu sengaja terus meng- expose diri dengan hal-hal yang membuat phobia, tentu saja sambil melatih diri dan mengubah cara berpikir supaya tidak lagi takut terhadap hal-hal tersebut.
Terapi untuk hal ini disebut Cognitive Behavioral Therapy.
Orang yang mengikuti terapi ini akan selalu dicheck kelakuan-kelakuannya yang bersifat irasional, pikirannya juga selalu dimonitor.
Namun sebelumnya, akan lebih baik jika orang itu bisa menemukan kenapa dia takut pada sesuatu, kemudian dia bisa menyadari bahwa hal itu menimbulkan dampak buruk dalam hidupnya, dan dia perlu menerima penyebab-penyebab itu dengan lapang dada.

6.Aviophobia  adalah ketakutan untuk terbang / menaiki pesawat terbang.
Cara mengatasi pada orang dewasa adalah dengan meminum obat anti mabuk udara sebelum menaiki pesawat, dengan tujuan agar selama penerbangan, si penderita dapat tertidur sehingga tidak merasakan ketakutannya.
Sedangkan untuk anak – anak, hal diatas tidak dapat dilakukan. Biasanya mereka akan menangis, berteriak, dan menolak untuk duduk tenang. Solusinya, sebelum pergi, bacakan buku tentang pesawat terbang. Ceritakan bagaimana pesawat tersebut dapat terbang, apa saja yang akan terjadi saat penerbangan, dan bunyi-bunyi yang akan muncul di dalam pesawat. Saat penerbangan, tenangkan anak dengan membawakannya boneka kesayangan atau bacakan buku cerita lucu selama penerbangan.A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar